healthy lifestyle · nutrition

Bugar vs Mager

Modul gizi kali ini bener-bener nampar diri lah pokoknya. Lha gimana engga, ini secara engga langsung menyindir diriku yang gak pernah meluangkan waktu olahraga. Boro-boro ya tiap hari olahraga, eits fyi sebenernya rekomendasi WHO biar tubuh kita bugar itu minimal aktivitas fisik 30 menit sebanyak 5 hari dalam seminggu. Gimana mau tiap hari olahraga, lah wong, seminggu sekali olahraga aja udah buagusss bangetttt. Nah keliatan banget kan gak bugarnya? (emot sedih). Ehm, sebenernya sih akunya agak kepedean juga soalnya ngerasa udah bugar aja karena tiap hari jalan kaki kemana-mana (karena tuntutan keadaan sih hehehe, balada anak kosan yang gak diperbolehkan membawa kendaraan). Jadi nih ya diantara keluargaku -ayah, bunda, adek- yang paling tinggi jumlah langkah setiap harinya di aplikasi S health di gadget itu diriku, hmm apalagi kalo mencapai 10.000 langkah ya kecil lah. Tapi lumayan berasa loh pas malemnya mau tidur, kalo di hari itu langkahku mencapai 10.000 rasanya pegel-pegel ini kaki, dan tandanya otot kamu bener-bener udah latihan. That’s why 10.000 steps per day selalu digaung-gaungkan, ntar kapan-kapan aku bahas deh kenapa harus 10.000 langkah.

Di modul kebugaran ini, semua anak gizi praktek ngukur kebugaran, ya istilahnya kita disuruh tes olahraga kayak jaman sekolah dulu. Dari yang naik turun tangga (step test) setinggi 45 cm selama 5 menit, lari bolak balik sejauh 20m (shuttle run), tes fleksibilitas, sampe tes keseimbangan. Pokoknya paket combo. Seru sih… tapi…. pegel. hahaha. Setelah tiga minggu tidur larut untuk membaca banyak buku referensi sebagai bekal menjawab pertanyaan diskusi di kelas, akhirnya kudapat menyimpulkan bahwa seseorang bugar itu dia mampu melakukan kegiatan sehari-harinya tanpa kelelahan. Misal nih ya, kamu naik tangga dari lantai satu ke lantai dua terus ngos-ngosan, nah tandanya kamu gak bugar. Atau pas lagi nyuci, nyapu, ngepel kosan kamu ngerasa pegel, ya berarti kamu ga bugar juga. Pokoknya kalo badan diajak kerja dikit aja udah capek berarti kamu perlu evaluasi dirimu, udah bugar belom.

Sekarang pertanyaannya, kenapa sih harus bugar? Ya jelas lah biar badannya sehat gak gampang sakit. Kebanyakan penyakit itu muncul karena tubuh enggak bugar. Kalo diumpamain nih ya, badan kita kayak mesin motor, kalo motornya jarang dipake cuman dipajang aja di garasi pasti ada aja kan yang bermasalah, yang susah di stater lah, ada beberapa bagian yang sudah mulai karatan lah, ya pokoknya gitu lah ya. Sama kayak badan, kalo jarang dilatih untuk bergerak pasti kemampuan ototnya akan berkurang.

Nah caranya biar bugar gimana sih? Tentunya biasakan aktivitas fisik, no MAGER, lebih bagus lagi buat jadwal aktivitas fisik rutinnya. Seperti yang aku bilang sebelumnya, rekomendasi aktivitas fisik seseorang menurut WHO, adalah aktivitas fisik sedang selama 30 menit sehari dengan pengulangan sebanyak 5 kali dalam seminggu. FYI,  aktivitas fisik itu ada berbagai tingkatannya, dari sangat ringan sampai berat. Kalo ringan contohnya kayak jalan, nyuci, ngepel. Kalo aktivitas fisik sedang seperti jalan cepat atau jogging atau olahraga ringan.

Salah satu manfaat kalo biasa olahraga, kamu ga bakal ngos-ngosan. Secara otomatis, pada paru-paru yang sering olahraga nih, kemampuan untuk menampung volume oksigen (VO2max) makin besar. Kalo oksigen banyak, pembentukan energi buat gerak bakal ada dan tubuh bisa bergerak leluasa. Tapi saat ngos-ngosan itu berarti paru-paru dipaksa buat nyuplai oksigen secepatnya buat pembentukan energi.

Selain itu manfaat lain yang bisa kamu dapetin kalo rajin olahraga yaitu peredaran darah keseluruh tubuh makin lancar. Kenapa? Karena kekuatan jantung mompa darah ke seluruh tubuh makin ningkat otomatis seluruh tubuh kamu akan teralirin oleh darah. Dan yang paling penting, tubuh kamu akan kebal terhadap penyakit, karena dengan olahraga dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

So, singkatnya nih ya tubuh kita itu perlu bergerak, jadi hapuskanlah kata-kata MAGER dari kamus kalian gengs!

Anyway, sehat itu mahal jadi lebih baik nyegah daripada ngobatin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s