ceritadikit

Tulisan Lama, Tentang Waktu

Barusan ngebuka-buka file lama jaman semester 1, dan menemukan tulisan ini. Sebenarnya ini tugas sih di mata kuliah MPKT A. Meskipun belum bisa menerapkan semua tips ini, yang penting berusaha dulu. hehehe… Selamat membaca 🙂

Cara Memanajemen Waktu Dengan Baik

            Memanajemen waktu bertujuan membantu diri untuk mempergunakan waktu secara efektif. Manusia hanya memiliki waktu 24 jam dalam sehari. Ada yang bisa mempergunakan waktunya untuk menghasilkan berbagai macam produktifitas dan ada pula yang tidak produktif. Sementara manusia hidup di dunia tidak lama hanya sepersekian tahun saja. Memanajemen waktu tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang bekerja saja, mahasiswa pun perlu memanajemen waktu. Meskipun baru awal terjun di kampus, kepandaian memanajemen sangatlah perlu dimiliki agar mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah, mempelajari bahan kuliah, maupun mengikuti organisasi.

Modal utama mahasiswa yang harus dikuasi terlebih dahulu adalah memanajemen waktu. Jika mahasiswa sudah bisa memanajemen waktunya dengan baik, maka produktifitasnya pun akan bertambah. Tetapi memanajemen waktu tidak bisa serta merta dikuasai hanya dalam waktu singkat, dibutuhkan latihan yang berkelanjutan.

  1. Mengenal diri sendiri

Untuk bisa memanajemen waktu dengan baik mahasiswa harus mengenal dirinya lebih dahulu, dengan menjawab pertanyaan dibawah ini :

  1. Apakah Anda sudah melakukan manajemen waktu dengan baik ?
  2. Kegiatan apa yang menurut Anda paling penting tetapi jarang dilakukan ? Jelaskan disertai alasan ?
  3. Kegiatan apa yang sebagian besar sering Anda lakukan dalam hidup Anda ? Apakah hal itu penting ?

 

  1. Menentukan tujuan

Agar memudahkan dalam memanajemen waktu, mahasiswa perlu menetapkan tujuannya terlebih dahulu. Tujuan itu dibagi menjadi short term goal dan long term goal. Short term goal dan long term goal ini harus memenuhi berbagai kriteria, yang di singkat S.M.A.R.T. S untuk spesific, M untuk measurable, A untuk attainable, R untuk realistic, dan T untuk timely. Yang berarti tujuan harus spesifik, dapat diukur, jelas, realistik, dan memiliki tenggat waktu.

 

  1. Membagi kegiatan dalam kuadran

Covey dalam bukunya The 7 Habbit of Highly Effective People, membagi empat kuadran tentang waktu :

Kuadran I : penting dan mendesak

Kuadran II : penting dan tidak mendesak

Kuadran III : tidak penting dan mendesak

Kuadran IV : tidak penting dan tidak mendesak.

Sebagian orang 90% menggunakan waktunya untuk menyelesaikan kegiatan di kuadran I dan 10% di kuadran IV. Orang yang seperti ini selalu menemui masalah mencari jalan keluar dan berlanjut seperti itu tanpa melakukan kegiatan yang menyenangkan dirinya. Dari keempat kuadran itu yang paling bagus adalah meluangkan waktu di kuadran II. Orang yang meluangkan sebagian besar waktunya di kuadran II akan menemui kenikmatan. Kegiatan di kuadran II ini tidak mendesak tetapi akan berguna di masa depan sehingga manusia bisa menggunakannya untuk mengejar impian-impiannya.

Tulis berbagai kegiatan yang biasa dilakukan diselembar kertas. Lalu kelompokkan sejumlah kegiatan tersebut menjadi empat kuadran tersebut. Setelah mengetahui list-list kegiatan itu mahasiswa merancang pembagian waktu dalam kuadran tersebut dengan persentase kuadran II lebih besar, lalu di lanjutkan kuadran I, kuadran III, dan kuadran IV.

Pembagian kegiatan berdasarkan kuadran ini akan mempermudah mahasiswa dalam menentukan prioritas kegiatannya. Prioritasnya dimulai dari yang tertinggi kuadran II, kuadran I, kuadran III, dan kuadran IV. Hal yang lebih bagus jika tidak ada kegiatan dalam kuadran IV yang dilakukan sehingga persentasenya 0%.

  1. Belajar untuk berkata tidak

Berkata tidak bisa jadi tidak segampang yang dikira. Berkata tidak sangatlah penting berkaitan dengan tujuan hidup orang. Disini mahasiswa harus belajar untuk berkata tidak menolak hal-hal yang tidak sejalan dengan tujuan hidup. Sebagian besar banyak mahasiswa yang tidak bisa menolak tawaran-tawaran menggiurkan yang tersedia disekelilingnya. Bisa jadi tawaran itu dapat menjauhkannya dari tujuan sebenarnya sehingga merusak semua rencana yang telah dibuat.

  1. Membuat to do list

Cara termudah untuk memanfaatkan waktu dengan membuat daftar kegiatan apa saja yang harus dilakukan. Dalam list tersebut tulis hari, tanggal, waktu dan kegiatan apa saja yang dilakukan. Lalu tulis prioritas kegiatan tersebut.

 

Daftar Pustaka

MTD training 2010, Successful Time Management, dilihat tanggal 30 September 2013, <www.bookboon.com>

Fetch, R, Flashman, H, 1984, The Succesful Person’s Guide to Time Management, University of Kentucky, dilihat tanggal 29 September 2013, <http://www2.ca.uky.edu/agc/pubs/fcs7/fcs7101/fcs7101.pdf&gt;

Covey, S, 2004, The 7 Habits of Highly Effective People, dilihat tanggal 30 September 2013, < http://www.slideshare.net/moh994/7-habits-of-highly-effective-people-the-stephen-covey-ebook&gt;

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s