self development

4 Huruf Tentang Kita

            Sebuah kalimat yang sampai saat ini masih saya ingat ‘Saat kamu gagal maka berdamailah dengan dirimu bukan mengutuki lingkungan disekitarmu’. Petikan kalimat ini saya dapatkan dari buku karangan Adam Khoo yang berjudul Secrets of Successful Teens. Buku favorit saya di jaman SMA. Kadangkala saat diri ‘gagal’ seringkali kita malah menyalakan lingkungan disekitar kita. Contoh kasus nih, misalnya nilai ujianku jelek, aku akan berkelit jika soalnya sangat susah atau beralasan jika dosen tidak menerangkan pelajaran tersebut. Memang secara naluriah, tidak ada satu orang pun yang ingin disalahkan. Padahal bisa jadi nilai ujian tadi jelek, karena aku gak benar-benar memahami pelajaran tersebut. Harusnya kan malah muhasabah diri ya. Nilaiku jelek karena memang aku gak belajar dengan rajin.

Bayangkan, kita mempunyai saudara kembar yang sifatnya persis dengan kita. Sehari-hari kita bersamanya. Saat kembaran kita sedih pasti kita akan menghiburnya. Karena selalu bersama, tentunya kita telah mengenal kelebihan dan kekurangan kembaran kita dan pasti dengan mudah kita dapat menghiburnya disaat dia sedih. Ibaratnya nih, kalo kembaran itu diri kita, seharusnya kita udah kenal dong dengan diri kita luar dalem. Tapi permasalahannya, gak semudah itu. Banyak orang yang lebih mudah mengenali diri orang lain dibandingkan dirinya sendiri. Contoh paling mudah, saat saya ditanya apa kekurangan dan kelebihan sahabat saja, tentunya dengan mudah saya menjabarkannya. Tapi saat ditanya, apa kelebihan dan kekurangan diri saya, saya akan berpikir ulang apa ya kelebihan saya, dan saya akan dengan mudah menjawab sederetan kekurangan saya. Poinnya adalah manusia biasanya lebih memahami kekurangan dirinya dibandingkan kelebihannya.

Nah, di zaman majunya ilmu pengetahuan ini, ternyata para ahli psikologi telah menemukan tools untuk mengenali kepribadian manusia sehingga dengan mudah kita dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan diri dan bagaimana cara mengembangkan diri kita. Salah satu teori kepribadian yang sering digunakan adalah MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) yang dikembangkan oleh psikologi Isabel Briggs Myers, and ibunya, Katharine Briggs. Sebenarnya banyak sekali teori-teori kepribadian yang lain. Namun, menurut teman saya dari psikologi dan pendapat pribadi (hasil baca-baca di mbah google), teori kepribadian yang paling mendekati gambaran diri seseorang adalah dengan MBTI. Tetapi perlu digaris bawahi, MBTI hanya salah satu cara untuk mengenali kepribadian manusia bukan mengotak-ngotakan kepribadian.

Teori MBTI mengategorikan kepribadian individu menjadi empat dimensi: extrovert/introvert, sensing/intuition, thinking/feeling, dan judging/perceiving.

  1. Extrovert vs Introvert

Dimensi pertama dalam MBTI adalah tentang extrovert /introvert. Dimensi ini membahas cara individu untuk mendapatkan energinya. Extrovert lebih senang bergaul dan berinteraksi dengan orang lain sedangkan introvert lebih senang menghabiskan waktunya untuk dirinya sendiri.

  1. Sensing vs Intuition

Dimensi kedua tentang sensing/intuition. Dimensi ini membahas cara individu memproses suatu informasi. Individu bertipe sensing menangkap informasi menggunakan panca indera dan cenderung memproses informasinya sesuai dengan fakta-fakta yang jelas. Intuition menangkap informasi secara makna, melihat pola dan makna, dan menghubungkan informasi satu dengan informasi yang lain.

  1. Thinking vs Feeling

Dimensi ketiga tentang thinking/feeling. Dimensi ini membahas cara individu memutuskan sesuatu berdasarkan pemikiran ataukah perasaan. Individu bertipe thinking akan berpikir panjang terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan serta menimbang baik dan buruk sedangkan individu bertipe feeling mengambil keputusan sesuai dengan perasaan.

  1. Judging vs Perceiving

Dimensi yang terakhir adalah judging/perceiving. Dimensi ini membahas pola kehidupan individu. Tipe judging merencanakan kehidupan dengan teratur sedangkan perceiving menyukai kebebasan dan tidak terikat oleh tujuan.

Keempat dimensi ini akan membentuk enam belas kombinasi kepribadian: ESTJ, ISTJ, ESFJ, ISFJ, ESTP, ISTP, ESFP, ISFP, ENFJ, INFJ, ENFP, INFP, ENTJ, INTJ, ENTP, INTP. Keenambelas tipe ini dikelompokan kembali dengan istilah temperamen. Temperamen adalah pola perilaku individu dalam kehidupan. Setiap satu temperamen terdapat empati tipe kepribadian yang berbeda tetapi memliliki persamaan. Empat temperamen ini adalah:

  • Guardian : ESTJ, ISTJ, ESFJ, ISFJ.
  • Artisan : ESTP, ISTP, ESFP, ISFP
  • Idealist : ENFJ, INFJ, ENFP, INFP
  • Rationalis : ENTJ, INTJ, ENTP, INTP

5754775518274570352

Guardian adalah tipe kepribadian yang sangat menaati hukum dan menyukai melayani orang lain. Artisan adalah tipe kepribadian yang menyukai kebebasan dan tidak menyukai situasi yang terstruktur. Idealist adalah tipe kepribadian yang menghargai orang lain dan dapat membimbing pengembangan orang lain. Rationalis adalah tipe kepribadian yang memiliki pemikiran yang hebat dan menyukai argumen maupun isu. Semua tipe kepribadian ini memiliki kelemahan dan kekuatan yang berbeda, oleh sebab itu manusia diciptakan dari berbagai sifat. Perbedaan-perbedaan ini yang membuat kehidupan menjadi seimbang karena ada hubungan berkesinambungan dan saling melengkapi antara individu dengan individu lainnya.

Untuk tahu termasuk tipe MBTI apa dirimu, kalian bisa mengaksesnya di https://www.16personalities.com/free-personality-test. Lakukan tesnya dengan sejujur-jujurnya, maka kalian akan pendapat hasil yang akurat. Karena ini sifatnya subyektif, maka baca pertanyaannya dengan baik-baik dan pertimbangkan apakah ini benar sesuai dengan diriku. Maka kalian akan terkejut dengan hasilnya, kok persis banget kayak diriku.

4 huruf tentangku ISFJ 🙂

Selamat bercermin!

Nemuin gambar ini, dan lucu banget!

mbti-dating-infographic-section1

 

mbti-dating-infographic-section2

mbti-dating-infographic-section3

mbti-dating-infographic-section4

Advertisements

2 thoughts on “4 Huruf Tentang Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s