ceritadikit

Balada Mahasiswa Angkatan Tua

Sindrom yang sering terjadi dikalangan mahasiswa *ehem* tua, jenjang S1, adalah tugas akhir alias skripsi! Sejujurnya itu yang aku rasakan saat ini. Berasa bodoh padahal udah 3,5 tahun kuliah kok mempraktekkan ilmunya aja susah banget. Sambil nasehat diri sendiri juga, padahal banyak banget masalah gizi di sekitar kita, kenapa gak mencoba untuk menyelesaikan salah satunya.

 

“Caranya gimana, gue gatau” => males buat cari tau.

“Penelitiannya udah pasaran banget itu, mau nyari yang beda” => ga salah sih, tapi realistis juga

“Ih… ribet banget, gak cukup woy waktunya” => ga mau susah, padahal cari ilmu emang dasarnya harus berjuang.

“Takut susah nih ngerjainnya” => kalo ga susah bukan kuliah namanya.

“Penelitiannya belum pernah dilakuin, terus ga ada referensi” => bagus dong, harus inovatif jadi problem solver itu, kan katanya agen perubah bangsa.

“Ntar nilai gue kalo jelek gimana” => ini nih momok terbesar tipe judging gamau kalo ga sempurna dapetnya. Yaudah biar bagus nilainya harus maksimal ngerjainnya.

“Yaudah lah, kerjain aja, toh pasti akan berlalu” => sok nyelow tapi panik di dalem

 

Beberapa selentingan pikiran yang muncul dari otak reptilku. Perasaan fight or flight. Emang sindrom mahasiswa tingkat akhir ya gini, belum ada topik jadi gopoh sendiri.

Kalo diibaratkan posisiku ini kayak gambling dengan waktu. Entahlah sistem departemen yang kurang benar, membuat jadwal kuliahku yang super padat sehingga topik penelitian sampai skip ga kepikir. Atau emang mahasiswanya aja yang bandel dan gak jeli untuk mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.

Oke, ini sudah waktunya untuk gak menyalakan satu atau yang lain. Udah di depan mata coy, lo mau maju atau enggak? Berani nerima tantangan?

Fighting!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s