Islam · refleksi diri

Bersahabat dengan Para Shalihah

Bismillah…

Mungkin ini bisa menjadi renungan bagi kita semua šŸ™‚

Kata Syaikh Abdul Aziz bin Baz:

Sebab utama untuk meraih ilmu yang bermanfaat adalah bertakwa pada Allah, dengan mentaati-Nya dan meninggalkan berbagai maksiat. Juga hendaklah ia ikhlas, banyak bertaubat serta banyak memohon pertolongan dan taufik Allah. Kemudian hendaklah ia banyak perhatian pada pelajaran dan banyak mengulang-ngulang. Tak lupa pula ia harus pandai mengatur waktu. Inilah sebab utama.

Sebab lainnya lagi yang bisa membantu adalah seringnya mengulang-ngulang pelajaran bersama teman karib, juga semangat mencatat faedah ilmu sehingga ilmu yang diperoleh semakin mantap (kokoh). Jadi tidaklah cukup hanya dengan menghadiri majelis ilmu dan belajar dari ustadz (guru). Bahkan sangat perlu seseorang untuk banyak mengulang pelajaran bersama teman karibnya sehingga terselesaikanlah hal-hal yang masih belum dipahami. Dengan demikian, ilmunya akan semakin kokoh dalam benaknya.

Alhamdulillah, bersyukur sekali Allah memberikan nikmat untuk dapat mendulang ilmu syar’i, nikmat yang tak tergantikan pula saat teman dekatmu pun juga bersemangat untuk berilmu pula. Sungguh itu kenikmatan yang tak terkira. Yuk, semangat untuk mendalami ilmu syar’i, karena itulah yang menjadi bekal di akhirat. Hakekat manusia di dunia ini seperti musafir, tujuan akhirnya adalah akhirat. Bismillah, kuatkan niat dan tekad untuk mengambil ilmu sebanyak-banyak šŸ™‚

 

āœ Penggalan nasihat ditulis oleh : Ustadz M Abduh Tuasikal dan disadur dari Channel Telegram @kajianislamchannel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s